Minggu, 03 Oktober 2010

Asean (Association of South East Asia Nations)

Sedikit Tentang Asean
ASEAN adalah kepanjangan dari Association of South East Asia Nations. Dalam bahasa Indonesia, arti Association of South East Asia Nations adalah Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara.

ASEAN didirikan tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok. Perhimpunan ini pada awalnya diprakarsai oleh 5 menteri luar negeri dari wilayah Asia Tenggara.

Indonesia diwakili oleh Adam Malik, Malaysia oleh Tun Abdul Razak, Thailand oleh Thanat Koman, Filipina oleh Narcisco Ramos dan Singapura oleh S. Rajaratnam. Kelima tokoh tersebut yang menandatangani "Deklarasi Bangkok".

Deklarasi Bangkok sendiri mempunyai prinsip-prinsip untuk saling menghormati kemerdekaan, kesamaan, integritas dan identitas nasional semua negara, menyelesaian perbedaan atau perdebatan antar negara dengan aman, menolak penggunaan kekuatan dan kekerasan dan meningkatkan kerjasama yang efektif antara anggota.

Anggota ASEAN terus bertambah. Brunei Darussalam bergabung tanggal 7 Januari 1984, Vietnam tanggal 28 Juli 1995, Myanmar tanggal 23 Juli 1997 disusul Laos tanggal 23 Juli 1997 dan kemudian Kamboja tanggal 16 Desember 1998.

Sampai saat ini jumlah negara yang tergabung dalam ASEAN adalah 10 negara. Berikut adalah daftarnya (pic).

Motto Asean
 Motto Asean adalah "Satu Visi, Satu Identitas, Satu Komunitas"

Makna Bendera Asean
The ASEAN flag represents a stable, peaceful, united and dynamic ASEAN.Bendera ASEAN merupakan stabil, damai, bersatu dan dinamis ASEAN. The colours of the flag -- blue, red, white and yellow -- represent the main colours of the flags of all the ASEAN countries.Warna bendera - biru, merah, putih dan kuning - mewakili warna utama bendera semua negara-negara ASEAN. The blue represents peace and stability.biru mewakili perdamaian dan stabilitas. Red depicts courage and dynamism.Merah menggambarkan keberanian dan dinamika. White shows purity and yellow symbolises prosperity.Putih menunjukkan kemurnian dan kuning melambangkan kemakmuran.The ten stalks of padi represent the dream of ASEAN's Founding Fathers for an ASEAN comprising all the ten countries in Southeast Asia bound together in friendship and solidarity.Sepuluh batang-batang padi merupakan mimpi Founding Fathers ASEAN untuk ASEAN terdiri dari semua sepuluh negara di Asia Tenggara terikat bersama dalam persahabatan dan solidaritas.The circle represents the unity of ASEAN.Lingkaran merupakan kesatuan ASEAN.

Lyric "The Asean Way"
Naikkan bendera kita tinggi, langit yang tinggi
Rangkullah kebanggaan di hati kita
ASEAN kita terikat sebagai salah satu
Lihat-in ke dunia.
Untuk perdamaian, tujuan kami dari awal sangat
Dan kemakmuran bagi terakhir.
Kami berani mimpi kita peduli untuk berbagi.
Bersama untuk ASEAN
kita berani untuk bermimpi,
kita peduli untuk berbagi untuk itu cara ASEAN
bagi untuk itu cara ASEAN 

Struktur Organisasi Asean (klik gambar untuk tampilan lebih besar)
Itulah pengetahuan singkat tentang ASEAN. Kalau mau yang lengkap, download di sini, setelah di-download, di-buka pakai program Microsoft Office Word.

Semoga berguna untuk pelajaranmu, ya, temans! :)

1 Respon:

arahma zahra fazy mengatakan...

keren, makasih ya

Posting Komentar

Beri komentar pada artikel blog Ilmu Persahabatan. Bila perlu, beri saran dan kritik yang berkenan. Apabila kamu menyukai blog ini, ayo follow! Don't spam.