Sabtu, 02 Oktober 2010

Tips Belajar Lebih Sukses

Halo teman teman IP'ers! Pernah berpikir belum, kalau menurut kalian pelajaran IPS dan PKn itu sulit? Eit, eit, tunggu dulu! Nggak harus sulit, lo...Coba baca tips berikut ini, deh!

  • Belajar yang tenang. Kalau  belajar, sebaiknya nggak usah sambil nonton TV atau main game. Nanti keasyikan loh, nonton TV atau main gamenya, jadi enggak belajar, deh! Rugi, kan...
  • Belajar di meja belajar. Kalau nggak, buat apa meja belajar diciptakan? Masa, udah punya meja belajar, tapi belajarnya di lantai? Nggak seru dong... Lebih enak di meja belajar, selain datar, kita bisa langsung mencari buku pelajaran yang lain.
  • Belajar jangan sambil makan. Lho, kenapa? Ya, pokoknya jangan saja. Kalau makanannya tumpah/jatuh kena buku...Bukunya rusak, rugi! Makanya, kalau makan, di meja makan saja. Habis makan, baru lanjutkan belajar.
  • Malu bertanya, sesat di jalan. Hmm, peribahasa itu ada hubungannya! Jadi, contohnya kalau kamu dapat soal atau bacaan yang tidak dimengerti, kamu bisa tanya. Ke siapapun itu, ke kakak, ke sepupu, ayah atau bahkan ibu. Pokoknya, intinya, kamu harus mengerti, deh!
  • Belajar itu perlu istirahat. Kamu jangan terus terusan belajar ya, nanti matanya sakit. Selain itu, nanti beberapa bagian tubuh kamu terasa pegal. Jadi, belajar itu juga butuh istirahat. Istirahatnya ngapain? Terserah, mau olahraga sedikit, atau tidur tiduran, makan, dan lain lain.
  • Belajar itu dicicil. Maksudnya? Maksudnya, menyicil pelajaran untuk besok pada hari ini. Contohnya, besok ada tiga pelajaran. Pada pagi hari belajar Matematika, siang hari belajar IPA,  dan malam hari belajar Bahasa Indonesia...Waktunya harus ditentukan, biar nggak terbuang.
  • Belajar itu membaca dan berlatih. Jadi, kalau kamu belajar, kamu harus membaca. Habis ada bacaan, pasti ada pertanyaan atau soal... Nah, wajib itu kamu lakukan! Biar besok di sekolah kamu sudah mengerti.
  • Baca bagian yang penting. Maksudnya, kamu harus membaca paragraf bacaan dengan sungguh-sungguh, jadi kamu mengerti pelajaran, dan inti pelajarannya.
  • Tandai bacaan yang penting. Bacaan yang penting sebaiknya kamu tandai, di-stabilo atau di bawahnya digarisi menggunakan pensil atau pulpen. Jadi, ketika ada soal yang hampir sama dengan bacaan penting, tinggal kamu lihat dan jawab pada soalnya.
Nah, itulah tips-tipsnya. Maaf kalau terlalu banyak, tapi semoga hari hari belajarmu selalu sukses ya, teman teman!

0 Respon:

Posting Komentar

Beri komentar pada artikel blog Ilmu Persahabatan. Bila perlu, beri saran dan kritik yang berkenan. Apabila kamu menyukai blog ini, ayo follow! Don't spam.