Sabtu, 05 Maret 2011

Tanaman Cantik di Kebun Raya Bogor

Sesuai dengan namanya, banyak tanaman cantik yang tumbuh di Kebun Raya Bogor. Jumlah tanaman seluruhnya bisa mencapai 3.423 jenis.

Anggrek adalah salah satu tanaman yang jumlahnya sangat banyak, yaitu 7.178. Namun, tanaman ini hanya bisa dilihat di bagian rumah kaca.

Jenis tanaman di Kebun Raya Bogor terdiri dari polong-polongan, pinang-pinangan, talas-talasan, dan getah-getahan.

Sambil berwisata di objek wisata yang ada di Bogor, kita juga bisa belajar kekayaan alam yang sebagian besar dari kepulauan Indonesia.

Lihatlah teratai raksasa dari Amazon (Brasilia) di permukaan danau. Daunnya saja berdiameter 1-1,5 meter. Bunganya berwarna putih dan berubah jadi merah setelah 2-3 hari.


Jika kamu melihat ada bola-bola putih kecil menempel di batang-batang tanaman, jangan diambil ya. Itu adalah telur-telur kodok penghuni danau.

Selain teratai, Anggrek macan dari Kalimantan ada di Kebun Raya Bogor. Bunganya kuning berbintik-bintik coklat mirip macan.

Anggrek macan punya tutul-tutul hitam kecoklatan seperti macam sungguhan.

Anggrek ini disebut sebagai anggrek raksasa karena panjang tandan bunganya mencapai 1-1,5 meter. Setiap tandan bisa menghasilkan bunga sampai 100 kuntum.

Anggrek ini ditanam di pohon kenari dan pohon sapu tangan. Ada juga bunga besar dari Sumatera yang tinggi tangkai daunnya bisa mencapai lebih dari 2 meter.

Warnanya indah, violet, kuning, merah darah dan hijau kekuningan. Inilah yang disebut bunga bangkai karena wangi bunganya menyerupai bangkai tikus.

Di sekitar Kebun Raya Bogor kita bisa menyusuri jalan kembar yaitu, Jalan Astrid. Jalan ini dibangun untuk memperingati kunjungan Ratu Astrid dari belgia di tahun 1929.

Di tengah jalan kembar ada bunga tasbih berbunga merah, kuning dan berdaun coklat. Warna-warni ini melambangkan bendera Belgia.

Di Kebun Raya Bogor, ada banyak hal menarik. Kita bisa belajar sambil berswisata di sana.



kidnesia

0 Respon:

Posting Komentar

Beri komentar pada artikel blog Ilmu Persahabatan. Bila perlu, beri saran dan kritik yang berkenan. Apabila kamu menyukai blog ini, ayo follow! Don't spam.