Sabtu, 05 Maret 2011

Kolam Hijau di Kutub

Jarang sekali bisa ditemukan sebuah kolam berwarna hijau. Apalagi letaknya di antara es di Kutub Selatan! Tapi, yang satu ini beneran terjadi, lho.
Kolam yang dikelilingi es warna putih tersebut berisi air berwarna hijau, benar-benar mencolok warnanya! Kata para ilmuwan yang dikutip dari Kompas.com , ini adalah anugerah pemanasan global.

Menurut para ilmuwan itu, warna air hijau berasal dari klorofil tumbuhan ganggang yang terdapat di kolam. Wah, tak hanya ganggang, ada juga hewan lain seperti ikan dan larva udang.

Warna hijau yang pekat di kolam es Kutub Selatan ternyata lebih tajam dari warna air Sungai Amazon. Kolam yang dikelilingi oleh es laut seperti ini sering dikenal dengan sebutan polynya.

Nah, kolam berwarna hijau itu biasanya kaya nutrisi dan menjadi tempat bagi binatang, baik besar maupun kecil.

Poly bisa terbentuk dengan dua cara. Pertama, adanya angin yang meniup bongkahan es menjauh dari pantai dan udara. Kedua, terbentuk dari air hangat yang berhasil mencairkan es.

Pada saat es mencair, nutrisi juga ikut larut ke laut. Semakin banyak nutrisi yang mengalir mengikuti es, maka semakin banyak dan subur ganggang yang tumbuh di genangan air.

Enggak heran, deh, kolam itu jadi berwarna hijau karena banyak tumbuh ganggang di sana.

Kidnesia

0 Respon:

Posting Komentar

Beri komentar pada artikel blog Ilmu Persahabatan. Bila perlu, beri saran dan kritik yang berkenan. Apabila kamu menyukai blog ini, ayo follow! Don't spam.