Sabtu, 05 Maret 2011

Eukaliptus, Flora Khas Australia

Nama eukaliptus berasal dari bahasa Yunani yang berarti 'tertutupi dengan baik'.

Eukaliptus adalah salah satu flora khas benua Australia. Sampai sekarang, terdapat lebih dari 700 jenis eukaliptus yang kebanyakan asli dari Australia.

Selain di Australia, tumbuhan ini juga bisa kita temukan di wilayah Papua Nugini dan Philipina. Wuaah.. hebat, ya, teman-teman!

Eh, teman-teman ingin tahu apa itu eukaliptus lebih jauh lagi? Yuk, baca artikel ini.

Teman-teman, tumbuhan eukaliptus itu kebanyakan tumbuh di benua Australia. Mengapa begitu? Karena iklim di Australia paling pas buat tumbuhan yang tidak tahan suhu dingin ini.

Asal kamu tahu saja, tumbuhan ini hanya bisa bertahan di suhu dingin, 3-5 derajat saja! Kurang dari itu, mereka akan mati.

Eukaliptus Berguna
Sssst, tumbuhan eukaliputs punya banyak kegunaan dan manfaat. Misalnya saja, eukaliptus jenis Karri dan Melliodora. Kedua jenis eukaliptus ini sangat terkenal.

Kedua jenis eukaliptus ini dapat dimanfaatkan kayunya yang bisa dibuat sebagai hiasan, timber, kayu bakar, dan kayu pulp.

Sayangnya, tumbuhan eukaliptus menyerap banyak air tanah melalui proses transpirasi. Makanya, tumbuhan ini ditanam di banyak tempat untuk mengurangi water table dan mengurangi salinasi tanah.

Daun eukaliptus bisa digunakan sebagai pembersih dan pewangi. Dalam jumlah yang kecil daun ini bisa juga menjadi salah satu bahan baku makanan suplemen, seperti permen, cough drops , dan decongestants.

Suku Aborigin suka menggunakan daun dari ghost gum untuk menangkap ikan. Mereka membasahi daun dalam air sehingga dapat melepaskan pelumpuh yang membuat ikan tak berdaya sementara.

Tak hanya itu, Eukaliptus juga digunakan untuk membuat digeridoo , sebuah instrumen musik udara yang dipopulerkan oleh orang Aborigin Australia.

Minyak eukaliptus juga memiki sifat menolak serangga, dan telah digunakan sebagai bahan dari penolak nyamuk komersial.

Nektar dari beberapa eukaliptus juga mampu menghasilkan madu monofloral berkualitas tinggi.

Bahaya Eukaliptus
Dahan jatuh
Beberapa eukaliptus memliliki sifat menjatuhkan dahan saat mereka tumbuh.

Asal kamu tahu saja, hutan eukaliptus itu penuh dengan dahan mati. Australian Ghost Gum Eucalyptus Papuana juga bisa membuat penebang pohon tewas karena tertimpa dahannya.

Eh, ternyata banyak juga, lho orang yang tewas karena berkemah di bawah pohon ini. Hiiii.. seram, yaaa..

Mudah Terbakar
Pohon eukaliptus sangat mudah terbakar dan meledak. Seperti kebakaran hutan Cannbera 2003, berhektar-hektar spesies pohon impor mati.

Meski begitu, dalam beberapa minggu, pohon-pohon Eukaliptus sudah mengeluarkan bibit-bibit yang sehat. Nah, teman teman, memang luar biasa ya eukaliptus khas australia ini!

0 Respon:

Posting Komentar

Beri komentar pada artikel blog Ilmu Persahabatan. Bila perlu, beri saran dan kritik yang berkenan. Apabila kamu menyukai blog ini, ayo follow! Don't spam.