Sabtu, 05 Maret 2011

Tips Merawat Hamster

Hai teman teman IP'ers. Siapa yang punya hamster? IP mau bagi bagi tips merawat hamster, nih...


Tips Merawat Hamster
1. Perhatikan kandangnya, supaya hamster merasa aman dan nyaman tinggal di dalamnya. Semakin besar kandang, semakin senang hamstermu.

2. Beri alas kandangnya dengan serutan kayu atau bedding. Karena hamster suka banget tidur di atasnya. Lagi pula, bedding bisa berfungsi sebagai penyerap pipisnya hamster sekaligus bahan bakunya membuat sarang.

3. Letakkan tempat makan dan minumnya di tempat yang nggak mudah tumpah. Oya, sebaiknya pakai tempat seperti botol dot saja sebagai tempat minumnya supaya hamster kamu bisa menjilat-jilati ujungnya.

4. Kalau kamu mau, letakkan saja mainan hamster di kandangnya. Misalnya, roda putar (jogging wheel), rumah-rumahan, swing tunnel, dan sebagainya.

5. Usahakan kandangnya tetap bersih, ya. Karena hamster suka kebersihan.

Kenapa Bulu Hamster Suka Rontok?
Rontoknya bulu hamster itu bisa terjadi karena berbagai faktor. Seperti, parasit, virus, kutu, umur hamster yang mulai tua, terlalu sering diberi makan jagung manis, suhu ruangan yang terlalu panas, proses ganti bulu (molting) dan alas kandang yang terlalu lembab.

Nah, coba kamu ingat-ingat lagi, mungkin saja salah satu faktor yang tadi Nesi sebut adalah penyebab rontoknya bulu hamster itu. Lalu, bagaimana kalo sudah terlanjur rontok?

Untuk mengatasi rontoknya bulu hamster bisa dilakukan dengan berbagai cara. Supaya kandang bebas dari kuman, virus, bakteri, rajin-rajinlah membersihkan kandang hamster.

Sama seperti manusia, kalo lingkungan di sekitarnya bersih, tentu akan terhindar dari penyakit. Begitu pula dengan hamster, usahakan kandang selalu kering, tidak lembab dan basah.

Kadang-kadang proses rontoknya bulu hamster itu wajar terjadi karena ia harus melewati proses molting. Kamu cukup mengoleskan getah lidah buaya sehari sekali karena tumbuhan itu memiliki kandungan zat yang bisa menyuburkan bulu-bulu yang rontok tumbuh kembali.

Kalau cara tadi belum ampuh juga, baiknya segera bawa hamster kamu ke dokter hewan supaya mendapat pengobatan yang lebih baik.

Mengapa Hamster Suka Berkelahi?
Tahukah kamu kalau hamster adalah hewan yang terbiasa hidup sendiri. Sehingga jika ada hamster lain yang tidak mereka sukai, mereka akan berkelahi.

Hamster bisa berkumpul bersama dan tidak berkelahi dengan keluarganya sendiri. Namun saat usianya memasuki 11 minggu, mereka akan berpisah dari induknya.

Mereka akan menyimpan makanannya sendiri. Itulah tandanya bahwa seekor hamster telah dewasa.

Nah, kalau sudah besar, kakak beradik juga berkelahi, lho.

Oh iya, umur hidup seekor hamster hingga usia 2-3 tahun saja. Waah, cepat sekali ya.

Informasi:
Kalau kamu ingin mengetahui all about hamster, silakan kunjungi blog teman kita, Iamhamster Ranch, di : http://adiranahamster.blogspot.com/

Berbagai Sumber

1 Respon:

Unknown mengatakan...

Kak mau tanya, klo Hamsterku sering ngelamun.. Itu kenapa ya?

Posting Komentar

Beri komentar pada artikel blog Ilmu Persahabatan. Bila perlu, beri saran dan kritik yang berkenan. Apabila kamu menyukai blog ini, ayo follow! Don't spam.